Friday, 13 December 2019 | Login
Koran Buruh

Koran Buruh

Jateng | Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSP ISI) berikan Pendidikan Dasar Ketenagakerjaan kepada anggota Serikat Pekerja Sinar Tambang Arthalestari (SP STAR) yang baru bergabung pada bulan November 2019, acara tersebut diadakan selama dua hari  tanggal 10-11 Desember 2019, di training center PT. Sinar Tambang Arthalestari (Semen Bima), Jalan raya Ajibarang-Wangon Km 4 Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Rabu. (11/12/2019) 

Ketua SP STAR Arif Dwi Nugroho, mengatakan bahwa pelatihan Ketenagakerjaan yang diberikan oleh FSP ISI Bidang Pelatihan/Diklat, Hukum dan Advokasi serta Bidang Litbang sangatlah penting bagi seluruh Pengurus dan Komisariat SP STAR, "Serikat Pekerja adalah mitra perusahaan sehingga kita perlu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pengetahuan ketenagakerjaan bagi Pengurus dan Komisariat SP STAR dan bisa disampaikan keseluruh Anggota SP STAR mengenai undang_undang ketenagakerjaan dan cara berorganisasi yang baik dan bisa bersinergi dengan perusahaan." Katanya

Dikesempatan yang sama, Perwakilan Semen Bima Waluyo selaku Manajemen menyampaikan bahwa Serikat Pekerja dan perusahaan harus bisa bersinergi dan keberadaan Serikat Pekerja harus bisa menjadi mitra perusahaan agar tercipta kesejahteraan bersama dan PKB yang sudah disepakati bersama harus dijalankan sesuai kesepakan dan menjadi landasan organisasi SP dengan Manajemen, ungkapnya

Adapun tamu undangan antara lain, Bung Ronida bidang hukum dan advokasi FSP ISI, Bung Agus Sarjanto bidang pelatihan /diklat dan Bung Asep Enuh Amanullah bidang litbang. Pendidikan dasar ketenagakerjaan tersebut diikuti oleh pengurus dan komisariat SP STAR, 

Bidang Hukum dan Advokasi FSP ISI, Ronida juga mengatakan bahwa SP STAR ini baru berumur satu tahun dan sudah mempunyai Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan materi yang di paparkan mengenai pelatihan dasar dan pentingnya berserikat, sosialisasi PKB, tekhnik berunding dan advokasi. "Mudah-mudahan pelatihan ini bisa bermanfaat demi keberlangsungan perjuangan Serikat Pekerja," tegas Ronida.

Di tempat terpisah, Ketua Umum FSP ISI Kiki Walansyah, menyampaikan kepada Ketua SP STAR Arif Dwi Nugroho ucapan selamat dan sukses atas terlaksananya pelatihan ketenagakerjaan yang diagendakan pada saat rakernas dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai waktu yang telah dijadwalkan, semoga ilmu yang diberikan dapat di aplikasi di SP STAR sesuai peruntukannya, untuk peningkatan kesejahteraan anggota dan kekayaan perusahaan, pungkasnya


Penulis : Ronida (Bidang Hukum dan Advokasi FSP ISI)

Koran buruh.com, Kota Tangerang *

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Polres Metro Tangerang Kota. Lokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cikokol, Kota Tanggerang, Selasa (10/12/2019).

Acara peletakan batu pertama pembangunan Kantor Polres Metro Tangerang Kota Oleh Kapolda Metro Jaya IRJEN POL Dr Gatot Eddy Pramono, Wali Kota Tangerang, Sekda Tangerang, PJU Polda Metro Jaya, PJU Polres Metro Tangerang Kota, Kapolsek Jajaran, Danrem Wijayakrama, Dandim 0506/Tgr, Perwakilan Kemenkumham, DPRD Kota Tangerang, BPN Kota Tangerang, Tokoh Masyarakat dan Agama Kota Tangerang, Ketua Bhayangkari Daerah Metro Jaya beserta rombongan, Ketua Bhayangkari Metro Tangerang.

 

Kota Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan, Saat ini hubungan Forkopimda wilayah tangerang sudah memiliki sinergitas yang baik. Pembangunan Polres Metro Tangerang Kota merupakan wujud dari aplikasi sinergitas yang baik dijajaran Forkopimda.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Kemenkumham yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Polres Metro Tangerang Kota.

Terimakasih juga untuk bantuan dari pemerintah kota tangerang dan kabupaten tangerang. “Apabila ini terwujud Polres Metro Tangerang Kota akan menjadi satu-satunya Polres termegah dan tercanggih IT nya,”katanya saat sambutan.

Gatot menambahkan, hibah tanah dan bangunan bukan semata-mata hibah tapi tuntutan masyarakatnya pun akan semakin meningkat baik dalam pelayanan dan keamanan. Ia meminta kepada jajaran kepolisian agar memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Kerjasama dan sinergitas yang telah dibangun agar selalu ditingkatkan, karena kita tidak akan mampu apabila kita tidak bekerja sama.

“Kantor yang bagus dan canggih harus diberikan perawatan yang lebih guna menunjang penugasan dan pelayanan kepada masyarakat,”ujarnya.

Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah mengungkapkan, Ia sangat apresiasi dan dedikasi kepada personel polres metro tangerang kota atas pengabdian kepada masyarakat kota tangerang dan kabupaten tangerang.

Pemko dan jajarannya mendukung penuh pelaksanaan pembangunan Polres Metro Tangerang Kota, terkait pelayanan kita akan sinergykan dengan Tangerang Live ujarnya di lokasi.* gtg*

Kota Tangerang, Koran Buruh.com* Ajang Pertandingan Olah raga bagi tingkat pelajar kota Tangerang, yang di laksanakan setahun sekali ini untuk menggali Potensi bibit muda dari berbagai cabang olah raga, sekaligus beri pembinaan agar prestasi bisa terarah lebih di tingkatkan ke event tingkat Provinsi, Nasional bahkan International Porkot ke-7 Kota Tangerang yang berlangsung di Pembukaannya Stadion Mini di Kecamamatan Cipondoh menghadirkan Atlit pelajar dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang, dan telah di buka oleh Walikota Tangerang Bpk Arief R Wismansyah, bersama Kadispora Engos Zarkasih, Kejari Tangerang Robert PA, Kapolres Metro Kota Tangerang AKBP Abdul Rohim, Dandim 0506/Tangerang, giat ini bersangsung mulai 22-27 November 2019. Sejumlah Atlit terbaik di Porkot ke 7 Kota Tangerang ini telah diberi pelatihan untuk harumkan nama Kecamatannya. Ajang Giat Dispora beraksi Kota Tangerang yang Sinergy Pertandingkan dari berbagai cabang olah raga, bertarung keras dengan atlit antar kecamatan untuk merebut juara. Pada Puncak acara di laksanakan Final untuk merebut juara 1 Tingkat Kota Tangerang salah satu Sepak Bola Tim Kesebelasan sepak bola Jatiuwung berhasil pertahankan Juara 1 Berturut turut selama 3 Periode, mulai dari Porkot Tahun 2017, 2018 dan 2019 Pada babak Ahkir Final Tim Jatiwung bercostum merah berhadapan dengan Tim Kesebelasan Kecamatan Cibodas Pertandingan berlangsung di Stadiun mini Kecamatan Cipondoh berhasil membobol gawang Cibodas 3-0. Tim Asuhan Lurah Ganda sari Edih, S Sos ini tak tangung -tangung memang di gelanggang gesit sehungga lawan di babat habis. Camat Jatiuwung Marsito Agianto Bersama Staf Kecamatan dan Kelurahan turut hadir menyaksikan Tim kesayangan mereka. Marsito Agianto mengatakan bangga dengan Prestasi Anak Jatiuwung yang berhasi pertahankan 3 kali berturut-turut terim kasih pada semua tim, manager Lurah Edih, dan semua atlit yang telah sukseskan giat ini, kedepan kita akan lebih giat lagi agar berperestasi di tingkat lebih tinggi, ujarnya saat Penutupan Porkot ke -7 di Stadiun mini Cipondoh, Rabu 27/11/19. Dengan Keberhasilan Tim Jatiuwung ini, maka pada saat Penutupan Tim Jatiuwing memperoleh Penghargaan dan Sertifikat dari yang di serahkan Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin, di dampingi Kadispora Engkos Zarkasih, Kapolres, Dandim Kadispora Engkos Zarkasih ucapkan terima kasih, saya apresiasi semoga apa yang telah kita lakukan berguna bagi Bangsa dan Negara, kedepan kita siapkan Porkot Tingkat Provinsi 2020 di Kota Tangerang, ujarnya. Wakil Walikota mengatakan terima kasih telah menjadi bagian dari sejarah kota Tangerang, memasyarakatkan olah raga, tubuh dan jiwa kita sehat, mari terus bina olah raga, prestasi, kreatif. Kepada anak muda, pelajar mari bergerak ke tingkat lebih tinggi lagi, jangan putus asa, raih prestasi ini adalah kebersamaan Kepada para Juara Saya Ucapkan Terima kasih, Ujar Wakil Walikota Sambil menutup Porkot ke 7 Tingkat kota Tangerang.(Adv) Penulis : Janri Ginting

Kota Tangerang, Koran Buruh.com*

Ajang Pertandingan Olah raga bagi tingkat pelajar kota Tangerang, yang di laksanakan setahun sekali ini untuk menggali Potensi bibit muda dari berbagai cabang olah raga, sekaligus beri pembinaan agar prestasi bisa terarah lebih di tingkatkan ke event tingkat Provinsi, Nasional bahkan International.

Porkot ke-7 Kota Tangerang yang berlangsung di Pembukaannya Stadion Mini di Kecamamatan Cipondoh menghadirkan Atlit pelajar dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang, dan telah di buka oleh Walikota Tangerang Bpk Arief R Wismansyah, bersama Kadispora Engkos Zarkasih, Kejari Tangerang Robert PA, Kapolres Metro Kota Tangerang AKBP Abdul Rohim, Dandim 0506/Tangerang, giat ini bersangsung mulai 22-27 November 2019.

 

 

 

Sejumlah Atlit terbaik di Porkot ke -7 Kota Tangerang ini telah diberi pelatihan untuk harumkan nama Kecamatannya. Ajang Giat Dispora beraksi Kota Tangerang yang Sinergy Pertandingkan dari berbagai cabang olah raga, bertarung keras dengan atlit antar kecamatan untuk merebut juara.

Pada Puncak acara di laksanakan Final untuk merebut juara 1 Tingkat Kota Tangerang salah satu Sepak Bola Tim Kesebelasan sepak bola Jatiuwung berhasil pertahankan Juara 1 Berturut turut selama 3 Periode, mulai dari Porkot Tahun 2017, 2018 dan 2019.

Pada babak Ahkir Final Tim Jatiwung bercostum merah berhadapan dengan Tim Kesebelasan Kecamatan Cibodas Pertandingan berlangsung di Stadiun mini Kecamatan Cipondoh berhasil membobol gawang Cibodas 3-0. Tim Asuhan Lurah Ganda sari Edih, S Sos ini tak tangung -tangung memang di gelanggang gesit sehungga lawan di babat habis.

Camat Jatiuwung Drs.Marstioso Agianto, bersama staff Kecamatan dan Kelurahan turut hadir menyaksikan Tim kesayangan mereka.

Martioso Agianto mengatakan,  Kami bangga dengan Prestasi Anak Jatiuwung yang berhasi pertahankan 3 kali berturut-turut terim kasih pada semua tim, manager Lurah Edih, dan semua atlit yang telah sukseskan giat ini, kedepan kita akan lebih giat lagi agar berperestasi di tingkat lebih tinggi, ujarnya saat Penutupan Porkot ke -7 di Stadiun mini Cipondoh, Rabu 27/11/19.

Dengan Keberhasilan Tim Jatiuwung ini, maka pada saat Penutupan Tim Jatiuwing memperoleh Penghargaan dan Piala Tetap, Sertifikat dari yang di serahkan Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin, di dampingi Kadispora Engkos Zarkasih, Kapolres, Dandim Kadispora Engkos Zarkasih ucapkan terima kasih, saya apresiasi semoga apa yang telah kita lakukan berguna bagi Bangsa dan Negara, kedepan kita siapkan Porkot Tingkat Provinsi 2020 di Kota Tangerang, ujarnya.

Wakil Walikota mengatakan terima kasih telah menjadi bagian dari sejarah kota Tangerang, memasyarakatkan olah raga, tubuh dan jiwa kita sehat, mari terus bina olah raga, prestasi, kreatif.

Kepada anak muda, pelajar mari bergerak ke tingkat lebih tinggi lagi, jangan putus asa, raih prestasi ini adalah kebersamaan Kepada para Juara Saya Ucapkan Terima kasih, Ujar Wakil Walikota Sambil menutup Porkot ke 7 Tingkat kota Tangerang.(Adv)

Penulis : Janri Ginting

Jakarta | Pimpinan Unit Kerja, Serikat Pekerja Kimia Energi, Pertambangan, Minyak Gas Bumi Dan Umum (PUK SP KEP) PT. Young Tree Industries sambangi Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk melakukan Audiensi. Rombongan ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP FSP KEP-KSPI, Sahat Butar Butar. Rabu (4/12/2019)

Ditemui Langsung oleh Dirjen Pengupahan Kementerian Tenaga Kerja, Dinar Titus Jogaswitani. Sahat Butar Butar mengatakan bahwa kedatangannya untuk melaporkan permasalahan penangguhan upah di PT. Young Tree Industri.

Perlu diketahui PT. Young Tree Industries adalah perusahaan PMA yang bergerak di bidang alas kaki (sepatu) yang bealamat di Jl. Banar Desa Ketimang Kec. Wonoayu-Sidoarjo yang mempekerjakan 5600 orang.

Efendi selaku ketua bidang advokasi DPD FSP KEP Jawa Timur mengatakan bahwa di PT. Young Tree Industries ini telah melakukan penangguhan upah minimum mulai tahun 2014 sampai dengan 2019 Perusahaan PT. Young Tree Industries dan penangguhan itu selalu dikabulkan oleh Gubernur Jawa Timur.

“Terhitung mulai Tahun 2016 sampai dengan 2019 pihak perusahaan telah melakukan Penangguhan Upah Minimum di bahawah ketentuan Upah Minimum tahun sebelumnya

Ia berharap melalui audiensi ini, pihaknya dapat menerima penjelasan secara tertulis terkait dengan pengertian dari Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: KEP.231/MEN/2003 tentang Tata Cara Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum pada Pasal 5 ayat (2) huruf a menjelaskan: Penangguhan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diberikan dengan “membayar upah minimum sesuai dengan upah minimum yang lama”.

Ia juga menambahkan, sebagaimana yang telah ia sampaikan terkait permasalahan yang terjadi antara Serikat Pekerja dan Pengusaha di PT Young Tree Industries untuk segera terselesaikan.

Secara lisan Dirjen Pengupahan sepaham dengan serikat Pekerja, bahwa yang di maksud upah minimum yang lama adalah upah minimum kabupaten tahun sebelumnya.

Dirjen Pengupahan Kementerian Tenaga Kerja, Dinar Titus Jogaswitani menjelaskan, pihaknya akan mengundang para pihak untuk mengetahui secara jelas posisi permasalhan yang terjadi "Kami Dit. Pengupahan akan menjawab surat dari pihak DPD FSP KEP secara tertulis." jelasnya

Sebelumnya Serikat Pekerja yang di pimpin langsung oleh Efendi selaku ketua Team kuasa hukum juga melakukan gugatan di PTUN melawan Gubernur Jawa Timur terkait penangguhan Upah di PT. Young Tree Industries pada tahun 2019 yang angka nominalnya di bawah ketentuan UMK Tahun 2018 dan gugatan tersebut di menangkan oleh Serikat Pekerja dengan Putusan PTUN Surabaya No.44/G/2019/PTUN.SBY; dan Gubernur Jawa Timur dinyatakan bersalah karena mengabulkan penangguhan Upah Minimum PT. Young Tree Industries di bawah ketentuan UMK tahun sebelumnya.[Jrw]

 

Jakarta | Dewan Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi, Pertambangan, Minyak Gas Bumi Dan Umum (DPP FSP KEP) Jawa Barat keluarkan surat intruksi pembatalan aksi pada 2 November 2019 yang rencananya  akan di gelar di Kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate), Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat dan Rumah Dinas Gubernur Provinsi Jawa Barat.

Pembatalan terebut lantaran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeluarkan Surat Keputusan 561/Kep.983Yanbangsos/2019 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

“Dengan diterbitkan Surat Keputusan, buruh sudah mendapatkan kepastian agar pihak pengusaha tidak membayar upah di bawah UMK,” kata Ketua Umum FSP KEP-KSPI Sunandar, melalui pesan singkatnya Senin, (2/12/2019)

Rencanaya, para buruh di Jawa Barat akan melakukan aksi unjuk rasa pada 2 Desember 2019 sampai 5 Desember 2019. Rencana tersebut untuk menuntut Gubernur Jawa Barat yang telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 561/75/Yanbangsos tentang pelaksanaan Upah Minimum Kabupaten/Kota Tahun 2020, dan meminta Gubernur Jawa Barat untuk mengeluarkan Surat Keputusan.

“Karena tuntutan kami sudah di respon oleh Gubernur maka kami keluarkan surat intruksi pembatalan aksi” kata Krisdianto Ketua DPD FSP KEP Jawa Barat melauli pesan singkatnya

Dengan dipenuhinya tuntutan buruh saat ini, tuntutan kami/buruh belum selesai karena masih ada UMSK yang belum diputuskan dan buruh tetap antisipasi jikalau hal serupa terjadi lagi, pungkasnya.[Jrw]

 

Jakarta | Dewan Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi, Pertambangan, Minyak Gas Bumi Dan Umum (DPP FSP KEP) menggelar rapat kerja nasional (RAKERNAS) pada 26-27 November di Hotel Grand Cempaka.

Rakernas ini bertemakan “Mewujudkan Organisasi Yang Mandiri Dan Profesional Di Era Revolusi Industri 4.0”, yang di buka oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Hubungan Industrial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Aswansyah.

Acara tersebut dihadiri oleh ratusan peserta dari tingkat DPD, DPC dan PUK selain itu hadir juga Angota DPR RI Komisi IX Obon Tabroni dan Presiden KSPI, Said Iqbal.

Dalam sambutannya ketua umum FSP KEP-KSPI, Sunandar menyampaikan beberapa hal selama kepemimpinanya sebagai ketua umum, salah satunya terkait dengan program kerja yang sudah iya jalankan di masa kepimpinannya.

Selain itu DPR RI Komisi IX Obon Tabroni  dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa akan ada beberapa undang- undang yang akan disederhanakan, dengan istilah omnibuslow.

Dalam sambutannya iya juga sempat menanggapi terkait Surat Edaran Gubernur Jawa Barat, bahwa pada tahun ini Gubernur Jawa Barat tidak menetapkan/memutuskan UMK di jawa Barat.

Menurutnya kedepan akan ada beberapa potensi yang patut di waspadai, yaitu terkait Surat Edaran Gubernur Jawa Barat kemungkinan Bisa di tiru oleh Gubernur lain dan juga kemungkinan penentuan kenaikan UMK diserahkan kepada Perusahaan dan PUK untuk berunding,

“Apabila hal tersebut terjadi, ini akan sangat rawan konflik, karna bisa saja PUK ingin naik 50% sedangkan perusahaan tidak mau menaikkan UMK maka akan rawan polemik, karna sama sama tidak ada cantolan hukumnya.” pungkasnya.[jrw]

Jakarta | Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, Kamis (21/2) menerbitkan Surat Edaran Nomor 561/75/Yanbangsos Tentang Pelaksanaan Upah Minimum Kabupaten/Kota di daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

Namun, Surat Edaran tersebut mendapatkan penolakan dari buruh di Jawa Barat dan seluruh Indonesia, mereka merasa kecewa setelah mendengar penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 di Jawa Barat dalam bentuk Surat Edaran.

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (FSP KEP), Sunandar, mengatakan isi Surat Edaran hanya berupa pemberitahun, maka dengan sendirinya materi muatannya tidak merupakan norma hukum sebagaimana norma dari suatu peraturan perundangan-undangan, katanya

Menurutnya Surat Edaran tersebut bertentangan dengan Undang-undang 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, Pasal 88 ayat (1) setiap pekerja/buruh berhak memperoleh penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Dan Pasal 89 ayat (3) upah minimum sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan oleh Gubernur dengan memperhatikan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi dan/atau Bupati/Walikota.

Berdasarkan pasal 89 ayat (3) sudah jelas bahwa Upah Minimum ditetapkan oleh Gubernur dengan memperhatikan rekomendasi dari DP provinsi dan atau Bupati/walikota, SE yg dibuat oleh Gubernur Jabar tersebut jelas bukan merupakan sebuah penetapan, maka itu artinya Upah Minimum Jawa Barat belum ditetapkan oleh Gubernur, untuk itu kawan2 Jawa Barat harus mendesak kepada Gubernur untuk segera mengeluarkan SK tentang Penetapan Upah Minimum di Jawa Barat, bukan hanya sekedar SE

“Seharusnya Gubernur Jawa Barat menerbitkan Surat Keputusan bukan Surat Edaran, apabila SE tersebut tidak di segera cabut maka FSP KEP-KSPI di Seluruh Indonesia akan melakukan perlawanan. Apabila diperlukan kita lakukan aksi massa” tegasnya disela-sela kunjungan ke Tenda Perjuangan buruh PT. Innopack, Bogor yang di PHK belum mendapatkan hak-haknya.

Ia mengkhawatirkan apa yang dilakukan Gubernur Jawa Barat dimungkinkan merambat ke seluruh wilayah Indonesia dan menjadi darurat pengupahan.[Jrw]

Thursday, 21 November 2019 00:00

MOI Bakal Runing Untuk Segera Masuk Dewan Pers

Jakarta | Perhelatan Rakernas (Rapat Ketja Nasional) MOI (Media Online Indonesia) yang berlangsung sehari (21/11) di Convention Hall Kemensos Jalan Kalibata Jakarta telah berakhir, berbagai keputusan telah lahir melalui tiga sidang komisi, salahsatunya adalah running untuk segera masuk konstituante Dewan Pers.

Dalam sidang pleno yang dipimpin Ketua DPP MOI, Rudi Sembiring yang didampingi Sekjen DPP MOI, Jusuf Rizal menjelaskan bahwa untuk menuju menjadianggota konstituante Dewan Pers maka dua persyaratan yang harus dilalui persyaratannya, pertama ada 20 DPW yang sudah terverifikasi dan kedua adalah adanya 200 media online yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers.

Rudi. panggilan akrab sosok pria murah senyum ini, juga mematok target luar biasa, karena bukan 200 media online yang dipatok dewan pers tetapi. DPP MOI optimis akan tereslisasi 1000 media online berbadan.hukum perusahaan pers yang bergerak di Media Online bukan Media Cetsk dan Media Elekronika (TV/Radio)

Sementara itu Sekjen MOI, Jusuf Rizal, menyampaikan selain melakukan konsolidasi organisasi, pihak MOI juga melakukan peningkatan mutu jurnalis, yakni dengan UKW (Ujji Kiomperensi Wartawan ) yang didahului pra ukw. "DPP MOI akan melakukan MoU dengan lembaga yang resmi ditunjuk Dewan Pers melakukan UKW," ujar Yusuf.[Jrw]

Thursday, 21 November 2019 00:00

2020, DPP MOI Targetkan 1000 Perusahaan

Jakarta | Dewan Pimpinan Pusat Media Onlin Indonesia menargetkan 1000 Perusahaan Media Online akan berdiri pada tahun 2020. Demikian ditegaskan Ketua DPP MOI, Rudi Sembiring, didepan para peserta Rakernss Seminar dan Deklrasi MOI yang berlangsung di Convention Hall Kemensos Kalibata, (21/11).

"Kita akan mekakukan verifikasi internal anggota MOI, junlah anggota MOI saat ini berjunlah 356, sedang untuk seluruh Indonesia dari data Menkoinfo sebanyak 44.000 media online," ungkapnya.

Dijelaskan oleh Rudi junlah pemakai media, sosial di Indonesia berada di urutan keenam di dunia. Untuk itu hadirnya MOI sebagai wadah penyaluran bagi mereka yang ingin mendirikan perusahaan online yang bisa di pertanggungjawabkan.

Di akhir sambutan Rudi menegaskan pihaknya akan nelakukan pendaftaran menjadi konstituante Dewan Pers, selanjutnya MOI akan melakukan peningkatan mutu sdm jurnalis dengan UKW.

Sementara Marsda TNI Rus Nurhadi selaku Deputi Tujuh dari Menpolhubkam Bidang Komunikasi, Informasi dan Apratur mewakili Mahfud MD, mengajak semua media online untuk bersama sama melawan hoax dan radikalisme. [Jrw]

Page 1 of 30