Wednesday, 23 October 2019 | Login
Koran Buruh

Koran Buruh

Gresik | Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (DPC FSP KEP) Kabupaten Gresik mengadakan kegiatan rutin triwulan yang bertajuk “Dengan Kemauan Terwujud Kemajuan” kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut di adakan di Vanda Hotel Trawas Mojokerto, Selasa (15/10/2019)

Rapat Triwulan tersebut di hadiri oleh 50 peserta, dari 19 Pimpinan Unit Kerja (PUK) se-Kabupaten Gresik.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum DPP FSPKEP Sunandar, Ketua DPD FSP KEP Jawa Timur Wak Mansah dan Ketua DPC FSP KEP Kabupaten Gresik Panjang Apin Sirait.

Selain itu tiga narasumber dihadirkan dari Ketua Organisasi DPP FSP KEP Ahmad Zainudin yang akan membawakan materi Managemen Aksi, hadir pula pembicara Marmin Hartanto yang juga akan menyampaikan materi Teori Orator dan Ketua Biro Media dan Publikasi DPP FSP KEP Adi Sujarwo yang membawakan materi Teori Media, Pres Rilis.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Ketua DPC FSP KEP-KSPI Kabupaten Gresik Apin Sirait, mengatakan bahwa dalam kegiatan rutin Triwulan kali ini kami fokus terhadap Pelatihan Orator, Menagemen Aksi dan Teori Media.

Menurutnya seorang orator harus memahami Konsep Perjuangan terkait hal-hal yang akan di Perjuangkan, ujarnya

“Seorang Orator harus memiliki suara yang lantang, garang tegas dan Jelas di dalam menyuarakan tuntutan, seorang Orator jangan sampai tidak paham Prihal Konsep-konsep dan Topik yang akan di Perjuangkan, karena bisa menyesatkan dan bias didalam penyampaian,” kata Ketua DPC FSP KEP Kabupaten Gresik Panjang Apin Sirait

Ia juga berharap, dari pelatihan tersebut dapat membentuk karakter yang mempunyai Potensi serta jiwa-jiwa Orator yang tangguh dan ulung dalam menyuarakan sebuah tuntutan-tuntutan perjuangan.[Jrw]

Jakarta, Koran Buruh.com* Relawan Pemenangan Jokowi-Amin yang tergabung di Pilar Indonesia Bersatu mengadakan Konvensi Calon Menteri Jilid 2, untuk di usulkan Ke Kabinet Jokowi-Amin.

Usulan dari masing-masing Relawan berharap Calon menteri harapan rakyat versi Relawan Jokowi konvensi calon menteri versi relawan membedah visi-misi Presiden dan wakil presiden terpilih 2019- 2024, Kamis (10/10/2019)D’Cost VIP (Restoran Saefood) Abdul muis No 14 Petojo Gambir.

 

Beberapa orang yang diusung menjadi calon menteri dikabinet kerja pada pemerintahan presiden melalui proses ketat yang diadakan oleh sejumblah relawan Jokowi.

Relawan yang disodorkan melalui seleksi ini masing masing memaparkan bagai mana kinerja yang akan dilakukan guna mendukung visi presiden Jokowi membawa Indonesia menjadi negara lebih baik mereka berkomitmen untuk mendorong segala potensi yang dimilili negara ini guna menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.

Dikatakan,Acara ini sebagai bentuk tanggung jawab para relawan Jokowi untuk lebih meringankan tugas Jokowi dalam visi misinya, menentukan pembantu pembantunya kedepannya “Apa yang kami lakukan akan diteruskan kepada presiden Jokowi dan bisa menjadu bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan kata calon menteri melalui ungkapannya Acara ini dihadiri (moderator)Dr. Aminuddin SE MSI Phd.

Para calon mentri yang hadir Hendrik leonardus SE, MBA Prof Dr Ir San Afri Awang M. Sc Elita budiati SKM,MSI Sandra charlotha l Dr Tahya anja MH Dr Mas Subagyo Eko prasetyo SH, M hum KH. Muhamad mustofa abdullah.

Dikatakan, Yahya Anja kaltim ” kami meminta hak kami sebagai warga dayak menghendaki supaya ada menteri dari waega dayak masyarakat harus sejahtera* Jandry Ginting*

 


Kota Tangerang, Koran Buruh.com* ” Peringatan Hari ulang tahun (TNI) ke – 74 Kapolres Tangerang kota Kombes Pol. Abdul Karim, S.IK, M.Si, yang di laksanakan di Polres Metro Tangerang Kota bergharap TNI semakin profesinal dan banyak di cintai oleh masyarakat.

Hal itu ia sampaikan kepada awak media, usai acara upacara di depan lapangan Mapolres Metro Tangerang Kota (05/09/2019) pagi.

Kapolres menjelaskan, HUT TNI ke- 74 ini yang di laksanakan di Mapolres kota Tangerang, merupakan balasan dari yang sebelumnya saat HUT Bhayangkara pada 1 juli di Makodim 0506/ Tangerang.

 


"Sekarang gantian ya, TNI melaksanakan HUT ke-74 di Mapolres, saya berharap kedepan semakin sinergi, artinya TNI dengan Polri tidak bisa dapat di pisahkan dan tidak bisa diadu domba, kita tetap solid menjaga keutuhan dan
Stabilitas keamanan di negara ini,” tegasnya”

Dandim 0506 Kolonel inf. Wisnu Kurniawan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Alhamdulillah bisa melaksanakan kegiatan HUT TNI ke – 74 berjalan dengan baik dan lancar bersama Polri dan, Tokoh, dan masyarakat.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pa Kapolres yang memfasilitasi acara HUT TNI pada hari ini. Ucapnya”


Tentunya TNI semakin profesional dan semakin di cintai masyarakat dan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia dalam menjalankan tugas untuk mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bersama -sama dengan Polri, Ujar Dandim”

Menambahkan Walikota kota Tangerang H. Arif. R Wismansyah mengucapkan” peringatan HUT TNI yang ke -74″ saya berharap teman-teman TNI terus membangun kemanan, kenyamnan dan keharmonisan masyarakat dengan dukungan polri. Kami atas nama pemkot kota Tangerang sangat mengapresiasi, ucapnya”


Ia menambahkan bahwa perhatian dari jajaran TNI adalah pelaksanaan bakti sosial (baksos) kepada masyarakat kota Tangerang, di antaranya kesehatan gratis, pembagian sembako dan kegiatan-kegiatan lainnya.

” Ini menunjukan bahwa TNI hadir untuk masyarakat. Kita doakan semoga TNI semakin profesional dan di cintai oleh seluruh rakyat Indonesia. Pungkas Arif”
**gtg

Kota Tangerang, Koran Buruh. Com - Tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 74 pada 5 Oktober, Kapolsek Neglasari Polres Metro Tangerang Kota, Kompol R. Manurung, SH, beserta rombongan jajaranya melakukan kunjungan ke Kantor Koramil 02 Batuceper Kodim 0506 Tangerang di Jalan Daan Mogot, Kecamatan Batuceper Kota Tangerang, Sabtu (5/10/19).

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Polsek Neglasari ini nampak didampingi oleh Wakapolsek Neglasari, AKP Umi Wibawaningsih. Para Kanit dan Panit Polsek Neglasari. Anggota Polsek Neglasari. Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Neglasari, Ny Nursinta Manurung dan pengurus ranting Bhayangkari Polsek Neglasari ini.

 

Tak sampai disitu, rombongan Polsek Neglasari terpantau disambut hangat secara langsung oleh Danramil 02 Batu Ceper, Mayor Arm Bambang Heryanto, S. Sos didampingi jajaranya serta Ketua dan pengurus Persit Koramil 02 Batuceper.

 


Dalam sambutanya, Danramil 02 Batuceper Mayor Arm Bambang Heryanto, S. Sos menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kapolsek Neglasari beserta rombongan atas kunjunganya ke Koramil 02 Batuceper dalam rangka Perayaan HUT TNI ke-74.

Menurut Alumni Akmil tahun 2006 ini, sinergitas antara Koramil 02 Batuceper dan Polsek Neglasari selama ini sudah solid, tidak hanya antara Kapolsek dengan Danramil. Bahkan, seluruh anggotanya serta Ketua Ranting Bhayangkari dengan Ketua Persit.

Lebih jauh perwira bunga tanjung satu asal Magelang ini berharap, kedepanya akan semakin kuat dan kompak sehingga dapat menjalankan tugas bersama dengan baik.

"Saya merasa hubungan dengan Kapolsek Neglasari sangat erat dan saling komunikasi. Tidak hanya urusan dinas, bahkan sampai urusan pribadi kami berdua sering curhat," ujarnya.


Sementara itu, Kapolsek Neglasari Kompol R. Manurung, SH, menyatakan, dalam Perayaan HUT TNI ke-74, anggota Polsek Neglasari sangat antusias dan ikut serta datang ke Koramil 02 Batuceper.

Perwira menengah Polri asal Sumatera Utara ini menjelaskan, sinergitas antara Koramil 02 Batuceper dengan Polsek Neglasari selama ini telah terjalin dengan sangat baik. Terutama dalam pelaksanaan tugas bersama, olahraga maupun kegiatan-kegiatan lainnya.

"Kondisi ini patut kita jaga dan dipertahankan. Apabila TNI-POLRI solid dan kuat maka tidak akan ada ruang bagi pihak maupun kelompok yang ingin memecah belah serta menggangu situasi kamtibmas khususnya di wilayah Kecamatan Neglasari," paparnya.

"Kami atas nama pribadi maupun Kapolsek Neglasari serta seluruh anggota mengucapkan Dirgahayu TNI ke-74, TNI Profesional dan menjadi Kebanggan Rakyat," pungkasnya disambut antusias jajaran TNI-POLRI di lokasi.

Diakhir rangkaian kegiatan, kegiatan nampak dilanjutkan dengan pemotongan kue Tumpeng oleh Kapolsek Neglasari yang diberikan kepada Danramil 02 Batuceper dan Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Neglasari diberikan ke Ketua Persit Koramil 02 Batuceper hingga berakhir dengan foto bersama dan ramah tamah di halaman Koramil 02 Batu Ceper. (hms/gtg)

Thursday, 03 October 2019 00:00

Heboh...Tanaman Ganja di Tengah Kota Bengkulu

Bengkulu - Warga di sekitar Kelurahan Lingkar Barat Jalan Bakti Husada Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu mendadak heboh. Warga heboh karena petugas dari Dit Res Narkoba Polda Bengkulu mendadak mendatangi salah satu kontrakan yang dibelakangnya terdapat sebanyak 56 batang.

Dijelaskan salah satu warga yang berada dekat lokasi ditanamnya ganja, Setiawan (24) mengatakan, selama ini pemilik tanaman terlarang ini tidak diketahui telah menanam ganja. Apalagi pohon ganja tersebut sudah berumur dan tinggal menuai hasil.

"Selama ini kami tidak tau kalo di belakang rumahnya ditanami pohon ganja," kata Setiawan.

Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya menemukan tanaman ganja di kawasan Kelurahan Lingkar Barat.

"Benar tim kami menemukan tanaman ganja, saat ini terduga pelaku yang menanamnya telah diamankan petugas, keterangan rincinya besok kami rilis," kata AKPB Sudarno. (Red)

Serang | Ratusan Buruh PT Dolpin Putra Sejati yang berlokasi di Leuwilimus, Kecamatan Cikande, Serang, Banten hari ini Selasa, (1/10/2019) tidak di perbolehkan masuk kerja.

Informasi yang di himpun oleh koranburuh.com bahwa para karyawan yang tidak diperbolehkan masuk kerja lantaran mereka tidak mau menandatangani surat pengunduran diri.

Argo Sujatmiko selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (DPC SP KEP) Kabupaten Serang menjelaskan, bahwa penolakan tersebut dikarenakan PT Dolpin Putra Sejati akan mengalih dayakan para buruhnya ke perusahaan outsourcing PT. Gama Prima Karya.

Ia menambahkan bahwa ratusan buruh yang hari ini tidak diperbolehkan masuk kerja, rata-rata mereka sudah bekerja selama 6 tahun, ujarnya

Sementara koranburuh.com telah mencoba menghubungi manajemen perusahaan PT Dolpin Putra Sejati. Namun, hingga berita ini diturunkan, tidak ada respons dari manajemen soal adanya ratusan karyawannya yang tidak di perbolehkan masuk kerja.[Jar]

Jakarta | Pasca pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea di Istana Bogor, Senin (30/9/2019); Said Iqbal memastikan jika pihaknya akan tetap fokus terhadap isu perjuangan buruh.

Iqbal yang dalam Pilpres kemarin mendukung Prabowo Subianto mengatakan, pemilihan presiden sudah selesai. Baik secara politik dan hukum di Mahkamah Konstitusi. Dengan demikian, Presiden Jokowi akan kembali dilantik pada 20 oktober 2019 untuk memimpin Indonesia periode 2019 - 2024.

"Karena presiden yang terpilih adalah Pak Jokowi, sebagai presiden buruh tentu saya harus bertemu dengan beliau untuk menyampaikan isu dan gagasan kaum buruh sebagai penyeimbang dari gagasan yang telah disampaikan pengusaha," kata Iqbal.

Dalam pertemuan dengan Jokowi, Said Iqbal menyampaikan, KSPI dan buruh Indonesia akan fokus terhadap isu perjuangan kaum buruh dan rakyat Indonesia. Misalnya menolak revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan fan meminta agar Peraturan Pemerintah (PP) 78/2015 tentang Pengupahan segera direvisi. Hal ini sebagaimana janji Presiden Jokowi.

Selain itu, kata Iqbal, pihaknya meminta agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak dinaikkan.

Perjuangan kaum buruh akan dilakukan secara konstitusional. Untuk memastikan setiap warga negara mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak demi kemanusiaan.

Meski Sudah Ditemui Jokowi, KSPI Tetap Gelar Aksi Besar-Besaran Serentak di 10 Provinsi

KSPI menggunakan strategi KLAP (Konsep, Lobi, Aksi, dan Politik) dalam memperjuangkan tuntutannya. Ketika konsep sudah dibuat, selanjutnya lobi dilakukan untuk menyampaikan gagasan dan pikiran kaum buruh.

Dalam kaitan dengan itu, pertemuan antara Said Iqbal dan Jokowi adalah bagian dari upaya untuk menyampaikan gagasan kepada presiden. Tidak cukup dengan lobi, serikat pekerja juga melakukan unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi.

"Demonstrasi dilindungi konstitusi. Sebagai sebuah gerakan, KSPI tidak tabu dengan aksi unjuk rasa," kata Said Iqbal.

"Untuk itu, besok (2 Oktober 2019) kaum buruh akan tetap melakukan aksi besar-besaran di 10 provinsi. Khusus di Jabodetabek aksi akan di DPR RI," tegasnya.

Dalam aksi tersebut, ada tiga tuntutan utama yang akan disuarakan. Tolak revisi UU Ketenagakerjaan, tolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan revisi PP No 78 Tahun 2015.[Jar]

Semarang | Ketua Dewan Pimpinan Daerah  Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (DPD FSP KEP) Jawa Tengah, Zainudin (44) yang juga menjabat sebagai Ketua Organisasi di DPP FSP KEP-KSPI melakukan aksi ‘Topo Pepe’ di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Senin (30/9/2019).

Aksi unjuk rasa tunggal dengan bertapa tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas kesejahteraan buruh di Jawa Tengah. Topo Pepe tersebut adalah awalan aksi yang akan berlangsung hingga Rabu (2/10/2019)

Dalam Aksinya ia menyuarakan empat tuntutan kepada pemerintah, yakni menolak kenaikan iuran BPJS, menolak revisi UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, menolak upah murah dan meminta penetapan UMK Jateng 2020 sesuai KHL 2019.

Semarang | Dewan Pengupahan Kota Semarang mengadakan sidang Pleno yang di hadiri oleh unsur Pemerintah, Pengusaha/Apindo dan Serikat Pekerja, di ruang rapat Disnaker kota Semarang, (24/9/2019)

Sidang pleno tersebut juga mendapat dukungan dari puluhan buruh yang memadati aula kantor Disnaker kota Semarang.

Dalam paparannya dewan pengupahan unsur serikat pekerja tetap meminta agar penetapan UMK tetap menggunakan dasar 100% Kebutuhan Hidup Layak atau KHL.

Mereka berharap kepada pimpinan sidang untuk mempertimbangkan latar belakang relasi kerja, sisi yuridis dan peningkatan kesejahteraan pekerja sehingga mereka dari serikat pekerja mengusulkan UMK tahun 2020 sebesar Rp.3.159.612,19.

Sementara itu dari APINDO menyampaikan bahwa usulan UMK tahun 2020 berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan dari unsur pemerintah masih menunggu peraturan lebih lanjut mengenai penghitungan UMK tahun 2020.[win]

Semarang | Sebelum sidang pleno di mulai, puluhan buruh yang tergabung dalam aliansi buruh kota Semarang menyampaikan dukungannya kepada perwakilan mereka yang duduk di Dewan Pengupahan.

Buruh yang berasal dari Serikat Buruh SP KEP, SPMI, KSPN, FARKES dan SPSI berkumpul dihalaman kantor Disnaker kota Semarang. Selasa (24/9/2019)

Dalam orasi ringan yang di sampaikan oleh masing-masing perwakilan organisasi buruh, mereka menyampaikan agar ada kenaikan upah pada tahun depan yang lebih signifikan, karena saat ini berbagai kebutuhan hidup mulai merangkak naik.

Sebelum sidang pleno di mulai, perwakilan Dewan Pengupahan unsur buruh Ahmad Zainudin menemui para buruh yang berkumpul di halaman kantor Disnaker Kota Semarang.

Zainudin menyampaikan rasa terimakasih kepada para buruh yang tergabung dalam alinasi buruh Kota Semarang atas dukungan dan suportnya “mohon doa nya dari kawan - kawan sekalian agar semua berjalan sesuai harapan kita semua,” punkasnya.[win]

Page 1 of 28