Monday, 18 October 2021 | Login
Mengenal Pengokohan Pemimpin Adat Komunitas Ria Belimbing di Riau

Mengenal Pengokohan Pemimpin Adat Komunitas Ria Belimbing di Riau

KORANBURUH.COM, Riau - Dalam rangka memperingati hari kebangkitan masyarakat adat Talang Mamak, para tokoh adat Talang Mamak di Provinsi Riau berdiskusi tentang curaian dan sejarah serta struktur lembaga adat Talang Mamak.

Adapun maksud dan tujuan diskusi guna pengokohan pemimpin adat komunitas Ria Belimbing di desa belimbing, Ria Tanjung di desa siambul, Pemuncak Rantau Lansat di desa rantau lansat, kecamatan batang gansal kabupaten indragiri hulu (Riau) pada 13 januari 2021.

Usman, selaku orang tua keturunan Ria Belimbing ditunjuk masyarakat adat di komunitas Ria Belimbing secara musyawarah mufakat sesuai sejarah asal usul, dikokohkan oleh batin parit Irasan dengan mengakapkan batu kepala. Pengokohan ini kacik nak digedangkan rendah nak ditinggikan secara adat.

Umar, keturunan Ria Tanjung yang saat ini masih menjabat kepala desa juga dikokohkan oleh batin perigi Rapan dikomunitas Ria Tanjung di desa siambul pada hari yang sama tanggal 13 januari 2021. Pengokohan berdasarkan sejarah asal usul keturunan Ria Tanjung hasil musyawarah mufakat masayakat adat komunitas Ria Tanjung.

Acara tersebut berlangsung pada 14 januari 2021, tepat pada tanggal memperingati hari kebangkitan masyarakat adat Talang Mamak, yang diselenggarakan  di komunitas masyarakat adat Talang Mamak di batang gansal kabupaten indragiri hulu (Riau), serta pengokohan Pemuncak Rantau Lansat dikomunitas rantau lansat di desa rantau lansat, pengokohan Pemuncak Rantau Lansat, M. Nasir dikokohkan hasil dari musyawarah mufakat masyarakat adat komunitas Pemuncak Rantau Lansat.

Pengokahan oleh patih Majuan dengan mengakapkan batu kepala bahwa Pemuncak Rantau Lansat di komunitas rantau lansat kecik sudah bernama gedang sudah diberi gelar oleh orang yang bernama patih.

Pada hari yang sama tanggal 14 januari 2021, masyarakat adat di komunitas Ria Belimbing, Ria Tanjung, Pemuncak Rantau lansat memeriahkan hari kebangkitan masyarakat adat Talang Mamak dengan menampilkan seni budaya seperti silat, shair, gambus dan makan khas talang mamak.

Di dalam acara memperingati hari kebangkitan masyarakat adat talang mamak melalui prosis atau ŕangkaian acara dan makanan hastalang mamak, silat talang mamak, dan seni gambus yang ada di komunitas batang gangsal.

(Suranta/Brina)

Read 531 times