Monday, 25 September 2017 | Login

Tentang Kami

Latar Belakang
Koran Buruh ada sejak 1 Mei 2006 dimulai di Kota Batam dan kini telah berkantor pusat di Kota Tangerang Selatan dan akan membangun perwakilannya di berbagai wilayah yang terkoordinasi dengan kantor pusat  di Kota Tangerang Selatan.

Pendirian Koran Buruh ini adalah sebagai respon terhadap banyaknya kasus-kasus kemanusiaan yang menimpa kehidupan para buruh, serta sebagai sarana informasi untuk tujuan kesejahteraan bagi semua.

Seluruh kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh setiap aktivis Koran Buruh disalurkan melalui portal berita www.koranburuh.com dan edisi cetak yang dibangun sebagai wadah informasi buruh dan masyarakat serta menjadi sarana pemberitaan bagi kegiatan aktivis jurnalistik yang bergabung di Koran Buruh.

Visi
“Terwujudnya Keadilan, Perdamaian, Dan Kesejahteraan Bersama”

Koran Buruh menetapkan semboyan dalam setiap gerakannya: “Untuk Kedailan, Perdamaian, Dan Kesejahteraan Bersama”.

Visi tersebut diatas akan dicapai melalui:

Mewadahi, membina, mendidik, melatih buruh dan masyarakat yang ingin  berperan sebagai  kontrol sosial melalui aktivitas jurnalis.
Pemberdayaan, pendampingan, dan advokasi terhadap kasus kasus kriminalisasi buruh, pers, dan media dalam rangka menjamin kebebasan berekspresi dan berpendapat.
Membangun media independen yang tidak berorientasi kepada kepentingan ekonomi dan politik tertentu.

Budaya Lembaga
Cinta Damai; Dalam seluruh kegiatannya para jurnalis mengembangkan sikap yang mengkomunikasikan pokok-pokok pikirannya, liputannya, dan apapun yang bersifat membangun perdamaian, keadilan, dan kesejahteraan bersama.

Solidaritas; Jurnalis yang tergabung dalam Koran Buruh membangun persaudaraan atas dasar solidaritas satu dengan lainnya tanpa membeda-bedakan latar belakang apapun.

Loyalitas; Jurnalis akan membangun citra-cita positif terhadap Koran Buruh dan secara mutlak mematuhi ketentuan dan Undang-Undang Pers dan ketentuan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan berinternet yang sehat dan aman bagi setiap keluarga.

Independen
Koran Buruh lembaga pers independen, tidak berada atau terafiliasi lembaga atau organisasi apapun. Mematuhi Undang Undang dan peraturan yang berlaku di negara Indonesia maka Koran Buruh akan menjadi bagian dari lembaga atau organisasi pers yang ada di Indonesia dan dunia.

Sebagai Wadah Relawan
Koran Buruh adalah media massa yang berorientasi kepada penguatan Jurnalisme Warga (Citizen Journalism). Kami menjadi tempat bagi seluruh aktivis jurnalis yang ingin berperan melakukan fungsi jurnalistik. Seluruh Jurnalis dan jabatan lainnya di Koran Buruh adalah bersifat relawan.

Beredar Dalam Skala Nasional
Menjawab kerinduan masyarakat untuk adanya media rakyat sebagai wadah informasi bersama, maka dengan didukung oleh para Kepala Perwakilan serta Jurnalis/Wartawan yang telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Koran Buruh dapat diperoleh di berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat, NTT, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Aceh, dan akan menyusul wilayah lainnya.

Penerbitan Koran Buruh Lokal
Dalam rangka memberdayakan aktivis jurnalis di setiap daerah, maka kami mengembangkan strategi dengan mengajak setiap orang atau lembaga yang bersedia sebagai pengelola untuk menerbitkan Koran Buruh Lokal di daerahnya masing masing. Melalui strategi ini kami ingin memudahkan para aktivis jurnalis di daerah untuk dapat membangun media dengan jaringan nasional, sehingga akan memperkuat media lokal yang akan diterbitkan.

Segmentasi
Segmentasi ini adalah upaya kami untuk membagi perhatian dan pelayanan terhadap masing-masing penerima manfaat atas kehadiran kami. Untuk itu kami membagi segmentasi media ini 50% berisi informasi keadilan dan perdamaian, 50% berisi pendidikan dan budaya.

Kerjasama Pemberitaan
Menyadari bahwa tidak semua organisasi, serikat buruh, kelompok masyarakat memiliki kemampuan untuk membangun media sendiri. Oleh karena itu Koran Buruh menawarkan diri sebagai mitra, pendamping, pendukung, dan sarana publikasi atas seluruh aktivitas bagi setiap organisasi, serikat buruh, atau kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Status Legal
Sebagai Media yang menyebarkan informasi secara terbuka kepada publik, Koran Buruh berbadan hukum sebagai Lembaga Pers Umum di bawah PT Koran Buruh dan terdaftar berkantor pusat di Kota Tangerang Selatan.

Syarat Sebagai Perwakilan Provinsi, Kota, Kabupaten Dan Jurnalis/Wartawan.

Jika anda ingin bergabung menjadi Perwakilan Provinsi, Kota, Kabupaten dan Jurnalis/Wartawan silahkan mengirimkan email kepada kami ke : dan kami akan segera mengirimkan syarat syaratnya.

Penutup
Demikianlah kami sampaikan sekelumit tentang Koran Buruh. Semoga dapat menjelaskan tentang cita-cita mulia media ini. Mewujudkan maksud tersebut bukanlah hal yang mudah. Dengan kerendahan hati kami menanti dukungan dari semua pihak.

Salam Solidaritas Tanpa Batas



Pemimpin Umum
RS Meliala
———————————————-

Disclaimer Agreement
Dalam menyediakan program dan layanannya, www.koranburuh.com berasumsi bahwa tidak ada gangguan yang terjadi, meliputi: tidak beroperasinya peralatan (komputer/server/peripherals ) maupun software, bencana alam, perang, huru-hara, kegiatan hacking, virus komputer, kekerasan, larangan pemerintah/peraturan pemerintah yang baru, ataupun kejadian yang berada di luar kuasa (force majeur) pengelola www.koranburuh.com. Jika terjadi hal-hal diatas maka pengelola dilepaskan dari tanggung jawab atas akibat yang ditimbulkannya