Monday, 22 October 2018 | Login
Foto | Workshop Nasional Anggota FPG DPRD se-Indonesia Foto | Workshop Nasional Anggota FPG DPRD se-Indonesia

Kecerdasan Komunikasi Politik, Kunci Merebut Kemenangan Featured

Jakarta,- Kemenangan dalam kontestasi politik tidak lepas dari kemampuan membangun opini. Pertarungan persepsi adalah pertarungan politik yang sesungguhnya.

"Membangun persepsi sesungguhnya inti dari komunikasi politik. Siapapun yang mampu merebut persepsi masyarakat. Maka dia yang akan memenangkan kontestasi politik," ujar Adman Nursal dalam Workshop Nasional Anggota FPG DPRD se-Indonesia di Jakarta, Sabtu, 21 Juli 2018.

Menurutnya, terdapat dua aspek penting yang perlu diperhatikan oleh calon anggota legislatif dalam berkomunikasi dengan konstituen yakni soal kompetensi dan kehangatan. Aspek kehangatan akan memiliki dampak simpati kepada calon dari masyarakat.

"Kalau aspek kompetensi menyangkut kemampuan, kecerdasan dan kepintaran dalam berkomunikasi. Bagi calon yang berpengalaman tentu lebih mudah mencari celah, sementara bagi pemula harus mampu memahami isu agar masyarakat meyakini kompetensi yang dimiliki,"ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam komunikasi politik dibutuhkan paduan kredibilitas, konten dan kemampuan emosi dalam menyampaikan pesan. "Ketiga hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam berkomunikasi. Siapapun harus mampu meramu dengan baik,"tegasnya.

Soal kemampuan mengaduk emosi dalam berkomunikasi, urainya, akan sangat penting untuk menciptakan kedekatan dan daya tarik pada masyarakat. "Sebagus apapun konten yang disampaikan, tetapi tidak ada ada tambahan hal-hal yang bersifat emosional tentu tidak berdampak dan membekas," katanya.

Workshop Nasional Anggota FPG DPRD se-Indonesia sendiri dilaksanakan 20-22 Juli 2018 dengan tujuan utama membekali para anggota legislatif Partai Golkar menghadapi Pileg dan Pilpres serentak 2019.

Read 78 times