Monday, 09 December 2019 | Login
Foto | Penandatanganan PPJT dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit Foto | Penandatanganan PPJT dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit

Woow..Tidak Lama Lagi Bengkulu Akan Miliki Jalan Tol Featured

Bengkulu, - Malam ini, Jumat (15/3/2019) Pemerintah Provinsi Bengkulu lakukan penandatangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk pembangunan jalan Tol Curup-Bengkulu-Lubuk Linggau. Penandatanganan ini menandai semakin dekatnya realisasi pembangunan jalan tol untuk pertama kalinya di wilayah Provinsi Bengkulu.  

Penandatanganan PPJT dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo di Balai Semarak, Kota Bengkulu.

Tol ini direncanakan memiliki total panjang 95 km dan menjadi tol pertama di Bengkulu. Jalan tol ini sekaligus menjadi bagian dari ruas tol Trans Sumatera yang juga tengah dikebut pembangunannya.

Direktur Utama HK Bintang Perbowo mengatakan keberadaan tol ini akan sangat membantu lalu lintas dari Bengkulu yang merupakan kawasan pantai dan pelabuhan di sisi barat Sumatera dengan sejumlah wilayah lain di sebelah timur Pulau Sumatera.

"Bayangkan, ini (Bengkulu) kan di laut selatan, laut terbuka di sini. Itu pasti kapal besar semua yang bersandar. Kalau jalannya kecil, bagaimana barang dari kapal-kapal besar itu mau diangkut ke tengah," ujarnya.

Untuk pembiayaan sendiri, Bintang mengatakan, total biayanya akan mencapai Rp 33,12 triliun yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dan pinjaman perbankan.

"Karena ini LHR-nya (lalu lintas harian rata-ratanya) masih kecil, kemungkinan porsi PMN-nya akan lebih besar, bisa 60%, 40%-nya pinjaman bank," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan penandatanganan tersebut Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan sejumlah pejabat lainnya. (Red)

Read 459 times