Foto/Istimewa Foto/Istimewa

DPP MOI Adakan Pra UKW Melalui Video Conference Bagi Wartawan Featured

Jakarta | Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Media Online Indonesia (MOI) akan melakukan pelatihan Pra Uji Kompetensi Wartawan (Pra UKW) kepada wartawan anggota melalui Video Conference (via ZOOM) bekerjasama dengan Solopos Institute (Bisnis Indonesia Group).

Kegiatan tersebut menurut Sekretaris Jenderal DPP MOI, HM. Jusuf Rizal dilakukan untuk meningkatkan kelampauan para wartawan media online sebelum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai salah satu persyaratan menjadi anggota Dewan Pers.

Sebagaimana diketahui MOI yang akan berusia dua tahun tanggal 28 September 2020, pasca pelaksanaan Rakernas di Jakarta telah mengagendakan untuk membuka Cabang di 34 Propinsi serta memiliki anggota perusahaan media online berbadan hukum minimal 200 perusahaan untuk dapat menjadi anggota Dewan Pers.

“Karena itu selain mempersiapkan persyaratan untuk ke Dewan Pers, MOI juga secara simultan melaksanakan uji kompetensi bagi anggotanya. Sebelumnya telah dilakukan bersama PWI (Persatuan Wartawan Indonesia). Namun terkendala Pendemi Covid-19, kita lakukan Pra UKW melalui Video Conference,” tegas Jusuf Rizal yang juga Presiden LSM LIRA itu.

Sementara itu Ketua Harian DPP MOI, Siruaya Utamawan mengungkapkan, Workshop Pra UKW kerjasama DPP MOI dengan Solopos Institute ini merupakan komitmen DPP MOI yang tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat media di tengah tantangan pandemi covid-19. Workshop akan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom dan dibuka per kelas sebanyak 100 orang peserta.

"Untuk kelas pertama yang akan diadakan pada Sabtu, 6 Juni 2020 sudah full, mengingat banyaknya peminat maka DPP MOI akan membuka kelas berikutnya yang akan dilaksanakan dalam waktu berdekatan," ungkap Siruaya Utamawan yang juga menjabat Vice President KSPI.

Dikatakan, melalui pelaksanaan Pra UKW ini diharapkan para wartawan anggota MOI dan atau masyarakat media lebih memahami tentang teknik jusnalistik yang baik. Profesional, Kritis dan Konstruktif. Memahami kode etik yang tidak melanggar UU Pokok Pers maupun UU ITE.

"Bagi wartawan atau umum yang berminat menjadi jurnalistik dapat mendaftar melalui WA di nomor 0811-11-0404, dengan biaya administrasi pelaksanaan workshop sebesar Rp. 100.000,- per peserta." tutup Siruaya Utamawan.

Berdasarkan catatan redaksi, MOI didirikan sejumlah tokoh pers dan DPP MOI dikomandoi oleh Ketua Umum adalah Rudi Sembiring Meliala; Ketua Harian, Siruaya Utamawan; Sekretaris Jenderal, HM.Jusuf Rizal; dan Bendahara Umum, Hj. Candra Manggih.[Reed]

Read 134 times