Sunday, 21 October 2018 | Login

BPK RI Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Dewan Gubernur BPK se-Asia Featured

Koran Buruh. BPK RI ditunjuk menjadi tuan rumah pertemuan ke 51 Dewan Gubernur BPK se Asia. Penunjukan tersebut diputuskan dalam Pertemuan Dewan Gubernur BPK se-Asia di Chiang Mai Thailand yang diselenggarakan dari tanggal 15 sd 16 Februari 2016. Delegasi BPK dipimpin langsung oleh Ketua BPK Dr. Harry Azhar Azis yang didampingi oleh Sekjen BPK. Rencananya pertemuan akan diadakan di Bali pada tanggal 13-14 Februari 2017. Pertemuan tersebut akan bersamaan dengan seminar internasional yang bertema Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pertemuan Dewan Gubernur BPK se Asia merupakan dewan yang menentukan pengembangan kapasitas audit pada negera-negara di Asia yang terdiri dari 46 negara. BPK aktif sebagai anggota Dewan yang mengawal tema audit yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Tema SDGs ini menjadi penting karena BPK juga merupakan Ketua Kelompok Kerja Audit Lingkungan se-dunia atau Working Group on Environmental Audit (WGEA) dari 2013 s.d. 2018.

Kegiatan internasional pada bulan Februari 2017 akan melibatkan Badan Pemeriksa dari berbagai negara, perwakilan PBB, United Nation Environment Program (UNEP), UN Women, World Bank dan NGOs dibidang SDGs. Seminar tersebut bertujuan mendorong kerja sama upaya global mewujudkan percepatan SDGs terutama peranan Lembaga Audit pada kebijakan SDGs pada masing-masing Negara.(JanriG)

Read 1402 times